Blue Fire, Satu-satunya di Indonesia ! Kawah Ijen Bondowoso

kawah ijen-bondowoso-banyuwangi-blue fire-indonesia
Kawah Ijen
Para pendaki pastinya sudah mengetahui tentang Kawah Ijen. Merupakan gunung Ijen di Jawa Timur dengan ketinggian 2.443 mdpl dan dapat dijangkau melalui dua wilayah, yaitu Bondowoso dan Banyuwangi. Menjadi salah satu tujuan wisata alam yang cukup terkenal karena beberapa keunikan yang dimiliki oleh gunung Ijen sendiri. Daya tarik utama tempat ini adalah kawah dari gunung Ijen yang berada di puncak gunung. Mulai dari air kawahnya yang menjadi danau air terasam di dunia hingga munculnya blue fire pada dini hari yang merupakan fenomena alam langka yang hanya bisa ditemukan di Kawah Ijen dan Selandia Baru.

Rute untuk menuju Kawah Ijen jika anda dari Bondowoso anda akan menuju desa Wonosari dan dilanjutkan ke desa Sempol Bondowoso, dan akan banyak petunjuk arah yang bisa anda gunakan untuk menuju Kawah Ijen. Anda akan melewati hijaunya perkebunan kopi arabika di sepanjang perjalanan dengan cuaca pegunungan yang sejuk. Akses menuju ke Kwah Ijen bisa anda tempuh menggunakan mobil ataupun sepeda motor, karena medan yang akan ditempuh tidak begitu sulit.

Anda akan tiba di pos Paltuding, dan disana anda harus memarkir kendraan anda dan mulai mendaki gunung Ijen. Jarak tempuh sekitar 3 km dapat anda selesikan kurang lebih selama 1 jam pendakian dengan kemiringan medan 25-35 derajat. Dibutuhkan kekuatan fisik yang baik selama pendakian dan perlengkapan yang memadai. Setelah sampai di puncak anda dapat menuju ke bibir kawah dengan keindahan danau berwarna hijau yang diselimuti asap belerang, namun untuk menuju bibir kawah anda harus menuruni tebing kaldera yang berbatu.

blue fire-kawah ijen-bondowoso-sempol-banyuwangi-indonesia-gunung ijen
Blue Fire di Puncak Ijen
Jika anda ingin menjumpai Blue Fire, anda harus memulai perjalanan pada malam hari, dan setidaknya mulai mendaki pada dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Jika beruntung anda akan menjumpai Blue Fire pada pukul 02.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB. Namun jika anda tidak dapat menjumpai Blue Fire anda tidak perlu kecewa karena anda bisa menikmati matahari terbit dari puncak gunung yang pastinya akan tampak begitu indah. Disana juga banyak para penambang blerang yang hilir mudik mendaki gunung Ijen.


Beberapa hal yang perlu anda siapkan sebelum menuju kawah ijen adalah :
  1. Berdoa sebelum mendaki.
  2. Jika sedang musim hujan sebaiknya anda mengurungkan niat untuk mendaki kawah Ijen, karena biasanya jalur pendakian ditutup untuk menghindari kecelakaan karena longsor dan medan yang licin.
  3. Siapkan fisik sebaik mungkin, jika kondisi kurang fit sebaiknya anda mengurungkan niat untuk mendaki gunung Ijen.
  4. Sedia masker untuk melindungi anda dari kepulan asap beracun yang akan membahayakan kesehatan anda.
  5. Siapkan obat-obatan bagi anda yang memiliki penyakit tertentu.
  6. Cek perlengkapan pendakian terutama kebutuhan logistik yang cukup.
  7. Sebelum mendaki hendaknya anda buang air terlebih dahulu di sekitar pos karena selama pendakian tidak ada tempat untuk buang air.
Semoga perjalanan anda menuju Kawah Ijen menyenangkan dan berkesan.


Comments

Popular posts from this blog

Pantai Bilik Sijile - Ketenangan yang Sesungguhnya

Mendaki Puncak Gunung Piramid - Bondowoso, Jawa Timur

Batu Caves, Patung Budha Raksasa Terbesar Didunia