Mendaki Puncak Gunung Piramid - Bondowoso, Jawa Timur


gunung piramid bondowoso, saeng , jawatimur
Gunung Piramid
Gunung Piramid mungkin masih asing di telinga pembaca, karena gunung ini tidak begitu populer dikalangan pendaki dan letaknya di daerah yang cukup jauh. Gunung Piramid terletak di sekitar jajaran pegunungan Saeng dengan ketinggian 1521 mdpl dan berada diantara gunung Salak, gunung Krincing, dan gunung Saeng.

Tepatnya di desa Curahdami, dusun Tegal Tengah kebupaten Bondowoso Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini tepat berada di tengah-tengah jejeran gunung yang lainnya dengan bentuk piramida, dan hal ini yang membuat gunung Piramid dinamakan Puncak Gunung Piramid.

Tidak ada rute khusus dalam pendakian gunung Piramid dan jika anda membawa alat transportasi pribadi anda hanya bisa menitipkan kendaraan anda di rumah penduduk sekitar. Karena gunung ini masih sedikit pengunjungnya.
Hal-hal yang perlu anda persiapkan sebelum memantapkan diri untuk mendaki gunung piramid adalah :
  • Siapkan kondisi fisik dan mental dengan baik.
  • Pahami rute yang akan ditempuh dengan mencari informasi tentang pendakian gunung Piramid.
  • Sediakan cukup bekal, terutama air yang cukup selama anda melakukan pendakian, karena sulit di temukan mata air.
  • Gunakan perlengkapan mendaki yang aman.
  • Jangan malu bertanya tentang lokasi gunung kepada penduduk sekitar.
  • Lakukan pendakian pada siang hari saja, karena pada malam hari memiliki resiko yang lebih besar.
Rute yang akan ditempuh setelah anda memarkir kendaraan di perkampungan penduduk anda akan memasuki hutan pinus. Anda terus berjalan hingga bertemu dengan padang ilalang yang menyelimuti pegunungan dan pendakian anda akan dimulai. Dalam pendakian hendaknya sangat berhati-hati karena medan yang ditempuh memiliki kemiringan yang cukup ekstrim dan disebelah kanan kiri jalur pendakian berupa jurang yang cukup dalam, selain dikelilingi jurang di kanan dan kiri gunung tekstur tanah disana cukup licin serta mudah terjadi longsor. Lama perndakian menuju puncak piramid kurang lebih sekitar 6 jam. Dan saat anda menuruni gunung sebaiknya anda lebih berhati-hati lagi, karena sangat sulit medan yang akan anda tempuh.
puncak piramid, gunung piramid-bondowoso-jawa timur
Puncak Piramid
Namun jangan khawatir, sesuatu yang sulit diraih pasti menyimpan sejuta keindahan didalamnya, seperti pendakian gunung Piramid, ketika anda berhasil menuju puncak gunung anda akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah, seluruh jejeran pegunungan akan tampak jelas didepan mata. Keindahan kota bisa anda lihat seluruhnya di puncak gunung Piramid ini, semua kelelahan saat pendakian akan sirna begitu saja ketika anda sudah tiba di puncak gunung Piramid. Hal terpenting yang wajib anda ingat saat menuju tempat ini adalah, jangan sesekali anda membuang sampah sembarangan karena gunung Piramid masih begitu alami dan terjaga kebersihannya dari sampah-sampah yang berserakan. Selamat mendaki...!

Comments

  1. Wajib kesini nih kelihatanya
    ... kalau dari sby ... lewat arak2 ... turun curahdami trus naik apa ya ? ... terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pantai Bilik Sijile - Ketenangan yang Sesungguhnya

Batu Caves, Patung Budha Raksasa Terbesar Didunia