Batu Caves, Patung Budha Raksasa Terbesar Didunia

patung murugan, batu caves malaysia selangor
Batu Caves
Merupakan gua batu kapur yang terletak di Gombak, Selangor Malaysia. Batu Cave adalah sebuah bukit kapur yang memiliki beberapa kuil dan gua. Batu Caves juga menjadi nama desa dimana kuil itu berada. Yang menjadi ikon penting di kuil ini adalah patung dewa Murugan yang sangat terkenal di belahan dunia. Merupakan patung dewa terbesar di dunia. Dengan tinggi 42,7 m yang di cat dengan berlapis emas, patung ini sangat kokoh berdiri di depan Batu Caves.Memiliki bobot 250 ton bar baja dan ditaksir seharga 24 juta rupee.Menjadi kuil sekaligus tempat wisata yang sangat populer di dunia. Pemandangan yang mengagumkan bisa anda dapatkan ketika mengunjungi Batu Caves. Ketika pertama kali anda tiba anda bisa langsung melihat kemegahan patung Dewa Murugan yang megah didepan pintu masuk dengan background bukit hijau dan anak tangga untuk akses menuju patung Dewa Hindu.

Tidak hanya patung Dewa Murugan yang menarik di Batu Cave, terdapat beberapa tempat yang menjadi tujuan wisata disana. Ada 3 gua utama yang dapat anda kunjungi dan gua-gua kecil yang lain.Para wisatawan yang hendak kesana sebaiknya menyiapkan kondisi fisik yang baik karena hendak menaiki anak tangga  yang berjumlah 272 anak tangga untuk bisa masuk ke kuil utama. Wisatawan hendaknya tidak membawa barang-barang atau tas yang berlebihan supaya tidak kelelahan saat mendaki dan untuk menghindari gangguan-gangguan yang berasal dari para monyet yang ingin mencuri makanan para wisatawan. Khusus wisatawan wanita hendaknya tidak menggunakan celana atau rok pendek, karena aturan disana tidak memperbolehkan hal tersebut, namun tidak perlu khawatir jika sudah terlanjur kesana dengan pakaian seperti itu , karena disana disediakan penutup pakaian oleh para pendeta wanita.

Hal unik disana yang akan anda alami adalah anda akan melakukan sembahyang meskipun anda tidak beragama hindu, karena para pendeta pasti mengajak anda untuk sembahyang dan anda akan diberi tanda yang dinamakan hindi. Ketika menaiki anak tangga, anda pasti akan kelelahan, tapi anda akan tetap menaiki anak tangga tersebut karena lelah anda akan hilang jika sambil menoleh ke kanan dan ke kiri dengan pemandangan yang begitu indah serta udara yang sangat segar. Dan pastinya semakin tinggi anda mendaki maka keindahan yang anda dapatkan semakin indah pula. Diujung perjalanan anda akan berjumpa dengan 3 kuil dan kuil yang terbesar terletak di gua yang paling dalam. Di sepanjang perjalanan anda dapat mengabadikan momen disana bersama para pendeta. Namun yang menjadi permasalahan disana adalah kebersihan tempat itu,  banyak sekali kotoran binatang-binatang disana dan sampah yang berserakan, sehingga mengurangi nilai keindahan tempat wisata tersebut. Jangan lupa sedia masker bagi anda yang tidak tahan dengan bau kotoran kalelawar yang begitu menyengat di hidung.

Jika anda berkunjung kesana pada bulan Februari anda akan bertemu dengan festival Thaipusam dan di festival tersebut ada pertunjukan menyeramkan seperti orang-orang yang ditusuk oleh paku, kesurupan bahkan dipanah wajahnya hingga tembus dikepala. Pada saat festival ini berlangsung Batu Caves pasti ramai pengunjung bahkan terlihat seperti lautan manusia.
Akses untuk menuju Batu Caves sangatlah mudah anda dapat menggunakan taksi sebagai transportasi menuju kesana.

Comments

Popular posts from this blog

Pantai Bilik Sijile - Ketenangan yang Sesungguhnya

Mendaki Puncak Gunung Piramid - Bondowoso, Jawa Timur